visitor

Jumat, 04 Oktober 2013

Geologi LOH

Geologi itu salah satu ilmu sains yang mengulas tentang bumi. Geo artinya bumi, logi artinya ilmu, dengan kata lain geologi artinya ilmu bumi (tafsiran sendiri). Banyak fenomena2 yang terjadi di bumi kita ini seperti kenapa terbentuk gunung-gunung, kenapa terjadi gempa bumi, kenapa terjadi tanah longsor, dan bagaimana keadaan bumi kita pada zaman dulu serta banyak lagi. Fenomena-fenomena itu bisa kita pelajari dengan berlandaskan ilmu Geologi.

Sebelumnya ni, kenapa aku mengulas tentang Geologi ? hahahaaa sebenarnya aku seorang mahasiswa dengan jurusan Geologi di Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM) tapi aku orang Indonesia asli. Awalnya aku juga gak tau apa itu Geologi ? kan waktu Sekolah dulu gak ada mata kuliah namanya Geologi hahahaa. Kenapa aku bisa masuk Geologi itu ceritanya panjang lebar banget kalau mau ditulis sih kasihan sama aku dan juga pembaca, aku capek nulisnya dan pembaca capek bacanya hahahaha.


Oke back to main topic (lagak pakai bahasa barat) Geologi. kan sudah aku definisiin tu tentang Geologi setidaknya ada sedikit gambaranlah untuk pembaca sekalian. Kalau di Malaysia ni ya, prospek kerja untuk geologi tu lumayan bagus juga sih karena geologi itu ada banyak cabang-cabangnya lagi. diantara yang aku tau ni ya geologi itu ada :

  • Teknik Geologi (Engineering Geology) : ini cabang geologi yang belajar tentang kesesuain lapisan kerak bumi untuk dilakukan konstruksi atau juga untuk mengurangi atau mengakali bagaimana bencana alam seperti tanah longsong. pokoknya belajar tentang teknik deh
  • Petrolium Geologi (Petroleum Geologi) : kalo yang ini sih pasti udah pada tau, nama aja petrolium ya pasti berhubungan dengan minyak dan gas, kalo yang ini kita belajat tentang bagaimana minyak ditemukan, segala hal yang berkaitan dengan cara mencari minya deh pokoknya dan yang penting lagi harus belajr mikro fossil wahahaha fossil yang besar aja susah mau jumpa apa lagi yang mikro-mikro itu hahahahaaa
  • GeoFisika ( Physic Geology) : dari namanya aja sudah tau ini adalah gabungan antara fisika dengan geologi. cabang ini belajar bagaimana mengkaitkan ilmu fisika dengan ilmu geologi. yang paling sering digunakan sih seperti magnet, gravitasi, gelombang, dan resistifiti.
kalo mau di sebutin semua keburu ngantuk mata aku ini hahahaa. intinya ilmu geologi tu banyak cabangnya. walaupun banyak cabangnya tetap asik kok ditambah lagi kalau sudah kerja lapangan (fieldwork) beehhhh pasti makin seru dan makin hitam *sun bathing* hahahaha. oh iya lupa yang penting juga untuk geologi tu adalah mengenal jenis batuan. kalo gak salah sih waktu SD kitakan belajar geografi tu, didalamnya kita ada belajar tentang jenis batuan jugakan. ya iya sama kayak geologi batuannya ada 3 jenis utama yaitu batuan beku (igneous), batuan endapan (sedimen), dan batuan mamalih (metamorf).

untuk sekarang itu aja deh info geologinya. insyaallah kalau aku lagi rajin nulis, bakal ada post-post tentang geologi lagi kok karena aku mulai mencoba berbagi ilmu dengan kalian semua hahahahah (mohon doa supaya aku bisa menjalankan niat ini)

oke guys by the way any way busway kalau mau tau briefing tentang geologi lagi nih ada link baca aja sendiri ya :D 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar