visitor

Minggu, 06 Oktober 2013

METEORIT

Aku baru aja baca sedikit tentang meteorit karena besok bakal ada kuiz hahahaaa *baca karena ada kuiz* gak begitu banyak sih yang aku ngerti tentang meteorit tapi ada pepatah yang mengatakan "berbagilah walaupun hanya sedikit" Okray check it out



METEORIT 
Istilah meteorit berikan kepada benda-benda apa saja yang jatuh atau masuk kedalam atmosfer bumi yang berasal dari luar angkasa, kalau kamu dulu pernah sampai luar angkasa terus jatuh kebumi
berarti kamu juga meteorit dong hahahaa *becanda*. Meteorit itu ada berbagai besar ukurannya (size) mulai dari yang berukuran debu sampai berukuran berkilo-kilo meters (pake s karna lebih dari satu hahahah). nyadar atau nggak sebenarnya hampir setiap hari ada meteorit yang masuk kebumi tapi ukurannya kecil banget.

Meteorit berasal dari asteroid yang mengelilingi matahari juga tapi ketika asteroid itu keluar dati orbitnya terus masuk ke bumi jadi deh yang namanya Meteorit. ini dia ilmu baru yang aku dapat, asteroid yang belum menjadi meteorit itu namanya METEOROID, kalau sudah masuk ke atmosfer dan jadi komet disebut METEOR, dan yang terakhit kalau sudah mendarat dengan selamat dibumi baru namanya METEROIT.

nah sekarang kita masuk ke pengelasan Meteorit. Meteorit dikelaskan menjadi 2 jenis : 1. meteorit leburan ; 2. meteorit bukan leburan.
  1. meteorit leburan : maksudnya meteorit yang tidak mengekalkan sifat fizikal dan kimia asal meteorit itu sendiri. jenis ini diagi lagi menjadi 2 yaitu meteorit batuan (akondrit) dan meteorit besi . yang akondrit ini merupakan hasil dari peleburan batuan asal yang menyebabkan meteorit kehilangan Fe dan Ni. kalau meteorit besi ini terbentuk karena adanya perubahan struktur batuan seperti widmanstatten (saling pertumbuhan taenit dan kamasit).
  2. meteorit bukan leburan : kalau jenis ini bermaksud tidak ada proses peleburan ketika meteorit jatuh kebumi jadi dia masih mengekalkan sifat asal batuan tersebut, seperti kaya dengan Fe dan Ni.
oke sekarang kita masuk bagaimana cara kita bisa kenal dengan meteorit. ada 2 cara yang paling umum yaitu
  • fall (jatuhan), kita lihat meteorit itu jatuh, kalau sudah lihat ikutin aja nanti juga ketemu dengan tu meteorit hahahaa
  • find (ditemukan), kalau meteorit-meteorit yang lama harus dikenali dengan cara ditemukan. ciri-ciri meteorit diantaranya adalah : berat, sifat kemagnetannya tinggi, dan yang paling penting berbeda dengan batuan disekelilingnya.
 oke guys itu aja deh untuk sore ini semoga kita semakin berilmu dan semakin tunduk kepada yang Maha Kuasa :D

kalau mau yang lebih lagi ni ada link wikipedia http://en.wikipedia.org/wiki/Meteorite klik aja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar