visitor

Sabtu, 05 Oktober 2013

TEKTONIK KEPING (PLATE TECTONIC)

oke guys hari ini aku akan membahas sedikit tentang Tektonik Keping atau kata orang barat Plate Tectonik. Mengapa aku bahas tentang tektonik keping karena hari senin nanti aku akan buat seminar pendek berkenaan dengan tektonik keping (mata kuliah komunikasi saintifik dan geosains).


Teori tektonik keping merupakan satu teori yang menceritakan tentang pergerakan dari lapisan bumi yang paling luar yaitu litosfera. litosferakan terbagi menjadi 2 jenis kerak yaitu kerak lautan dan kerak benua. Teori tektonik keping ini dilandaskan dengan 2 teori yaitu teori hanyutan benua (continental drift) dan teori pemuaian dasar lautan (seafloor sreading). oke kita akan bercerita sedikit tentang kedua-dua teori tersebut.


Hanyutan Benua
Bukan hanya kapal, perahu, atau orang aja yang bisa hanyut, tetapi benua yang kita pijak setiap hari ini sebenarnya juga hanyut loh. ada banyak ide-ide asal tentang hanyutan benua tapi yang paling terkenal adalah hipotesis Alfred Wegener yang menyatakan bahwa zaman dulu kala semua daratan merupakan satu benua yang sangat besar yang dinamai sebagai PANGEA tapi kemudian pangea pecah menjadi benua-benua kecil dan bergerak sampai posisi benua menjadi seperti sekarang. Darimana Wegner tahu kalau daratan dulunya cuma 1 doang ? ini dia beberapa bukti tentang hanyutan benua :

  • Benua yang fit jika digabungkan : coba deh kamu semua ambil peta terus potong-potong tu semua benua jadikan dia seperti puzzle kemudian pasangkan semua puzzle tadi pasti nanti bisa menjadi satu benua besar
  • jujukan batuan yang sama : kan ceritanya nulis tentang geologi nih jadi harus ada masuk dikit dong tentang batu-batu hahaha. Taugak sih sebenarnya batuan di benua Amerika Selatan, Afrika, Australia, dan Antartika sebenarnya punya jujukan batuan yang sama yaitu lapisan paling bawah ada basement rock (gak tau jenis batu apa) yang sama, diatasnya ada lapisan yang merupakan hasil pengendapan batuan sedimen hasil daripada penendapak sekitaran es (glaciar), diatasnya lagi ada lapisan batu arang, kemudian diatanya lagi ada batu pasir dan basal lava flow.
  • fossil : ini dia bukti yang paling menarik penemuan fossil-fossil dinosaurus dan fossil tumbuhan purba. Tumbuhan purba nama spesiesnya glassopteris  di jumpai di benua Afrika, Amerika, India, Australia, dan di Antartika. fossil dinosaurus yang namanya mesosaurus & Cynognates dijumpai di Afrika dan Amerika selatan. ada juga fossil dinosaurus yang namanya lystrosaurus dijumpai di Antartika, India, dan Ausralia.
bukti-bukti diatas tadi sudah cukuplah rasanya untuk membuktikan kalau dulu sebenarnya semua daratan merupakan satu benua yang sangat besar. kalau masih gak percaya nanti coba deh kamu yang cari bukti-bukti lain atau nemuin mesin waktu biar kita bisa pergi kezaman waktu bumi cuma ada satu benua hahahahaa.

Pemuaian Dasar Lautan.
nah ini teori yang satu lagi yang membentuk teori tektonik keping. teori ini juga membuktikan teori hanyutan benua. coba deh kamu cari-cari di google gambar pemuaian dasar lautan, nanti akan keluar tu gambar lautan antartika. kalau yang gak tau ni yaa ditengah lautan antartika itu ada seperti permatang kalo bahasa inggrisnya itu Ridges. permatang itu terbentuk karena ada magma yang mau keluar dari tengah-tengah laut itu. kalau magma keluar maka akan terbentuk kerak lautan yang baru dan kerak lautan yang lama akan bergerak kedalam bumi dan melebur menjadi magma lagi, begituah siklus kerak bumi ini.
kalau ada pergerakan kerak bumi pasti ada kerak-kerak yang saling bertabrakan ataupun saling memisah. nih ada 3 jenis perbatasan kerak (kalau bahasa melayunya sempadan kerak).
  • Perbatasan divergen : ini adalah perbatasan tempat terbentuknya kerak yang baru dimana bumi bergerak memisah karena ada magma yang mau keluar. biasanya akan ada gempa kecil kalau magmanya mau keluar
  • Perbatasan konvergen : nah ini dia perbatasan yang selalu menyebabkan gempa terjadi. perbatasan ini terbentuk karena ada kerak bumi yang saling bertabrakan, coba aja kalau kamu pakai mobil atau motor terus tabrakan pasti ada getarannya hahahahha *saran gila*. Diperbatasan ini akan terjadi pemusnahan kerak bumi. nih mau tau gak kenapa di indonesia dan jepang sering terjadi gempa ? yup betul !! itu karena Indonesia dan Jepang merupakan perbatasan konvergen.
  • perbatasan transformasi : kalu perbatasan ini sih adanya di tengah-tengah laut. perbatasan ini terbentuk karena pergerakan kerak bumi secara lateral (sisi). Biasanya ni ya perbatasan ini akan memotong permatang tengah lautan.

oke guys itu aja deh share untuk hari ini semoga makin berilmu ya hahahaha
GEOLOGI = ROCK = BATU = TAHAN BANTING yeaaaaahhhh

kalau mau lebih detail klik aja link ini http://en.wikipedia.org/wiki/Plate_tectonic

Tidak ada komentar:

Posting Komentar